top of page

65:24


Tadi malam, aku menghabiskan sabtu malam mingguku menonton film “Blonde” karya sutradara Andrew Dominik yang merupakan Fiction Biography movie dari Marylin Monroe.

Salah satu hal yang menarik perhatianku dari film ini adalah aspect ratio yang berbeda-beda.

Mulai dari 4:3, 6:9, dan 65:24.

Hal ini membuatku berpikir dan merenung, pikiranku membawaku berkhayal. Jangan-jangan hidup kita ini memang layaknya sebuah pertunjukan atau film. Kita semua bermain peran sama seperti Norma yang berperan sebagai Marylin. Aku jadi teringat film “The Truman Show” tahun 1998 yang juga menceritakan khayalan serupa.


Hari ini, Aku sedang berkunjung ke Pasar Atom, untuk kalian yang tinggal di kota Surabaya tentunya sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Sembari menghabiskan hari minggu bersama Mama dan Adikku, aku membawa kameraku dan mengambil beberapa foto dengan format 65:24. Kalian bisa menontonnya di bawah. Pasar Atom merupakan tempat yang sering aku kunjungi di masa kecilku bersama mamaku. Banyak sekali perasaan nostalgia ketika aku berkeliling dan melihat segala sesuatu sedikit berbeda namun terasa sama. Dengan foto-foto ini aku ingin mengabadikan kenanganku itu seperti layaknya scene di sebuah film. Dengan begitu, cerita-cerita di masa kecil dengan Mama dapat terekam di memoriku dengan indah.

Terakhir, Aku yakin bahwa sesungguhnya apapun yang ada di dunia ini memiliki peran dan maknanya masing-masing. Apapun cerita yang kita jalani, kitalah penulis naskah kehidupan kita sendiri.








79 views0 comments

Recent Posts

See All

Hi pa!

bottom of page